Laman

Laman

Rabu, 19 November 2014

24 CPNS Bermasalah Tak Perlu Tes Ulang

AMLAPURA – Sebanyak 24 orang CPNS 2013 yang dulu dinyatakan bermasalah oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPan) akhirnya tidak perlu mengikuti tes ulang. Keputusan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, Gede Adnya Muliadi yang mengaku beberapa hari lalu mendapatkan surat dari MenPan kalau 24 CPNS yang bermasalah tersebut sudah diserahkan ke daerah untuk dilakukan tes interview (wawancara). “Kami sudah terima surat dari MenPan untuk 24 CPNS yang tadinya bermasalah itu sekarang intruksinya tidak perlu melakukan tes ulang, kami diperintahkan oleh MenPan untuk melakukan tes interview” ujar Adnya Muliadi, Selasa (18/11) kemarin. 
Pihaknya mengaku segera menyiapkan tim teknis bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karangsem untuk mepersiapkan pelaksanaan tes interview. “Kami masih akan membetuk tim teknis untuk melakukan tes interview, kami juga masih perlu konsultasikan materi apa yang diberikan saat tes interview tersebut” ujarnya. Disampaikan bahwa kemungkinan untuk tidak lulus tes interview tetap ada jika nanti yang bersangkutan tidak memenuhi salah satu kreteria jawaban dari tim panitia yang berikan. “Nanti kalau misalnya yang bersangkutan tidak bersedia untuk ditempatkan di mana saja di seluruh Kabupaten Karangasem dan tidak mau dalam jangka waktu tertentu untuk tinggal di Karangasem, ya bisa jadi tidak lulus, kami ini kekurangan tenaga PNS, kalau baru sekian tahun sudah minta pindah kami akan terus kekurangan PNS” ungkap Adnya Muliadi.
          Dengan demikian sebayak 24 orang yang dulu khawatir akan nasibnya batal jadi PNS sehingga sempat dua kali mesadu ke Bupati Karangasem, I Wayan Geredeg akhirnya mendapatkan angin segar. Mereka dulu bermasalah karena dicurigai oleh MenPan melakukan rekayasa dan atau kerjasama karena nilai yang diraihnya sama percis yaitu dengan skor 464. Kejanggalan terjadi dimana hasil tes yang dibagi kedalam tiga jenis tes yaitu TKP (tes karakteristik Pribadi), TIU (tes Intelegensia umum), TWK (tes wawasan Kebangsaan) tersebut ternyata semuanya bernilai sama. Nilai para peserta pada TKP yaitu 176, nilai pada TIU yaitu 136, dan Nilai TWK yaitu 152. Hal itu terjadi pada pelamar guru SD sbanyak 7 orang, guru penjas 9 orang, guru matematika 2 orang, guru Bahasa Indonesia 5 orang, dan guru PPKN 1 orang. 
         Bahkan yang lebih mencurigakan lagi ternyata pada lembar jawaban dari hasil tes tersebut juga sama, dimana para peserta menjawab pada option yang sama baik pada jawaban yang benar maupun jawaban yang salah. Kendati demikian, pihak dari 24 pelamar yang sempat dinyatakan lulus tersebut menolak melakukan tes ulang seperti awal yang diusulkan oleh menpan. Berkat penentangan atau penolakan tes ulang yang difasilitasi dengan surat dari Bupati Geredeg ke MenPan akhirnya 24 orang yang sempat bermasalah tersebut hanya akan mengikuti tes interview yang dilaksankan paling lambat Desember 2014. Sehingga yang bersangkutan bersama 117 CPNS 2013 lainnya sudah bisa bertugas mulai Januari 2015 mendatang.

1 komentar:

  1. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp 085218184887 Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN beliau selaku kepala deputi bidang mutasi di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS waspada teman selain no hp pak Drs DEDE JUNAEDY M .yang saya posting jangan sampai anda menghubungi ke no yang lain, SOAL'NYA BANYAK POSTINGAN PENIPUAN MENCATUT NAMA PEJABAT BKN WASPADA PENIPUAN.......!!!!!!

    BalasHapus