Laman

Laman

Selasa, 23 Desember 2014

Karangasem Siaga Lakukan Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru

AMLAPURA – Jajaran Polres Karangasem bersama pemerintah kabupaten karangasem menetapkan status siaga untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2015. Kesiagaan tersebut ditandai dengan upacara apel bendera yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Karangasem bersama pemerintah pemkab Karangasem di Lapangan Polres Karangasem, Selasa (23/12) kemarin. Apel bendera yang ditandai penyematan pita kepada perwakilan anggota Polisi, Sat Pol PP, dan TNI yang dilakukan oleh Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana tersebut menandakan bahwa operasi pemangamanan perayaan natal dan tahun baru yang disebut dengan operasi Lilin Agung 2014 tersebut mulai diberlakukan di Karangasem.
Wabup Sukerana yang bertindak selaku inspektur upacara dalam apel tersebut menyampaikan bahwa perayaan natal dan tahun baru yang jatuh pada 25 Desember 2014 dan pada 1 Januari 2015 mendatang perlu mendapatkan perhatian serius dalam hal pengamanan. Sebab menurutnya dua perayaan besar tersebut sangat rentan terjadi tindakan-tindakan berbau kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. “Momen hari natal yang menjadi hari raya besar umat Kristen itu harus diamankan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada umat Kristen di Karangasem” ujarnya. Pihaknya berharap masyarakat karangasem tetap menjaga toleransi beragama sehingga tetap tercipta situasi yang kondusif, aman, dan damai.  
     Sementara kaitannya dengan perayaan tahun baru, Wabup mengharapkan kepada masyarakat untuk merayakan hari raya Tahun Baru 2015 dengan cara-cara yang positif. Pihaknya tidak ingin masyarakat mengisi tahun baru dengan melakukan minum-minuman keras, menyetel musik keras-keras sehingga mengganggu warga, atau membakar kembang api yang berlebihan. Mantan ketua Koni Karangsem tersebut mengharapkan masyarakat bertindak tertib dan senantiasa menjaga menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungannnya. Sukerana menekankan kondusifitas Karangasem patut dijaga bukan hanya oleh polisi  dan petugas terkait namun juga merupakan tanggungjawab bersama dengan masyarakat. “Saya himbau kepada masyarakat mari bersama-sama dengan pihak keamanan untuk tetap menjaga situasi yang kondusif menjelang natal dan tahun baru 2015 ini” pintanya. Pihaknya mengharapkan pada masyarakat untuk jangan terlalu over dalam merayakan atau mnyambut perayaan tahun baru dengan minum-minuman keras sampai mabuk atau menyalakan mercon dan kembang api berlebihan. Pihaknya menyampaikan natal dan tahun baru mesti disambut dengan ketulusan dan kesederhanaan tanpa mengurangi esensi perayaan agama dan esensi perayaan pergantian tahun.
    Sementara itu, Kabag OPS Polres Karangasem AKP Tony Sugandri menyampaikan bahwa pihak polres Karangsem akan menerjunkan 365 personil untuk mengantisifasi dan mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2015. “Kita di kepolisian akan menerjunkan 365 personil untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru di Karangasem” ujarnya. Disampaikan dalam operasi lilin kali ini pihaknya mengaku telah membangun dua posko pengamanan yaitu satu da di Tugu Pahlawan Amlapura dan satu lagi ada di Padangbai. Disampaikan bahwa posko tersebut senantiasa stanbay selama 24 jam. “Operasi lilin ini dilakukan selama 9 hari yaitu mulai 24 Desember 2014 sampai 2 Januari 2015” ujarnya. Pihaknya menyampaikan bahwa dalam bertugas juga dibantu oleh instansi terkait yaitu Sat Pol PP, TNI, dan jajaran pemerintahan Kabupaten Karangasem yang membidangi masalah keamanan. * 

0 komentar:

Posting Komentar