Laman

Laman

Kamis, 20 November 2014

Dermaga I Padangbai Sedang Diperbaiki, Penumpang Diharapkan Bersabar

AMLAPURA – Masih dalam status diperbaikinya dermaga I Padangbai membuat jalur penyebrangan dari Padangbai Ke Pelabuhan Lembar menjadi terganggu.  Masalahnya dari dua dermaga yang dulu digunakan sekarang hanya satu dermaga tentu volume pengangkutan yang bisa dilayani menjadi terbatas. Terlebih lagi dalam sehari ada sekitar 280 truk dan 1.000 orang penumpang yang mengantre untuk menyebrang melalui pelabuhan padangbai. 
Oleh karena itu, Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Padangbai, Arsil menghimbau kepada masyarakat untuk memaklumi dan bersabar jika harus menunggu giliran ketika menyebrang. “Kami sudah berusaha agar masyarakat tidak lama menunggu dalam menyebrang, namun bila ada gangguan teknis masyarakat mohon maklum dan bersabar” ujarnya. Disampaikan pada hari Selasa, (18/11) lalu sekitar pukul 01:00 Wita diakui penumpang lama menunggu keberangkatan karena pihaknya mengalami kendala teknis sebab ada kapal saat itu yang mengalami kerusakan.
      Untuk memperlancar keberangkatan para penumpang pihaknya mengaku melakukan upaya percepatan jadwal keberangkatan dengan memperpendek jadwal kebrangakatan dari 1 jam menjadi 30 menit dan menambah trip dari 22 menjadi 24 trip perhari. “Kami sudah berusaha dengan mempercepat jadwal keberangkatan dari 1 jam ke 30 menit dan dari 22 trip menjadi 24 trip dalam sehari” ujarnya. Arsil menambahkan pihaknya juga mengaku senantiasa mengoperasikan 26 kapal yang selalu siap melayani keberangkatan para penumpang dari Padangbai ke Lembar. Hanya saja pihkanya mengaku hanya memiliki 6 kapal besar yang bisa menampung lebih banyak mobil dan penumpang. “Kami hanya punya 6 kapal besar yang bisa menampung 30 mobil dalam sekali berangkat, kalau memakai kapal kecil hanya 16 mobil” ujarnya.
          Arsil menyampaikan pengerjaan dermaga satu paling cepat 2,5 bulan baru selesai atau baru dapat dioperasikan Januari 2015 mendatang. Disampaikan bahwa kekuatan dermaga yang diperbaiki tersebut akan ditambah daya kapasitasnya dari 30 ton menjadi 50 ton. “Kami sudah merancang agar dermaga yang baru dibangun lebih kuat dari sebelumnya sehingga tidak mudah rusak jika ada gelombang besar yang membuat kapal menabrak dermaga” ujarnya. 

0 komentar:

Posting Komentar